Artikel Detail

Usaha Tanpa Modal Itu Mungkin Banget Lho! - Luarsekolah.com


by Admin - 14 May 2019

Apakah mungkin usaha tanpa modal? Di zaman sekarang sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin. Nyatanya ada beberapa usaha yang bisa kamu jalankan meski tanpa modal. Hal yang perlu kamu siapkan hanya pengetahuan, kegigihan, dan juga ide kreatif yang terus bisa kamu hasilkan. Jadi apa saja usaha tanpa modal yang bisa kamu jalankan? Berikut adalah empat usaha yang bisa kamu bangun meski tanpa modal biaya.

Vlogger, Usaha Tanpa Modal yang Sedang Trend Dan Menjanjikan

Mendapat pemasukan dari adsense, menjadi vlogger adalah satau satu pilihan usaha tanpa modal yang bisa kamu jalankan saat ini. Terlebih sudah banyak yang membuktikan dan mulai gencar memproduksi banyak video untuk bisa menghasilkan pendapatan dari adsense Youtube. Modal besar yang perlu kamu keluarkan bukan biaya tetapi ide kreatif, kemampuan edit video dan juga waktu untuk memproduksi video menarik setiap waktunya.

Dunia Digital Tak Lepas Dari Penulisan Konten, Nggak Mau Coba Jadi Penulis ?

Selain video dan gambar, tulisan juga tetap menjadi hal penting dalam dunia bisnis dan pasti dibutuhkan. Oleh sebab itu usaha menjual jasa menulis tentu masih sangat relevan saat ini. Jika kemu memiliki kemampuan menulis yang tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa mulai menjajakan jasamu dengan bergabung komunitas penulis atau mendaftar di website yang menerima penulis freelance. Selain itu, kamu juga bisa mencoba peruntungan menjadi seorang penulis blog dengan memiliki blog sendiri. Kamu bisa mendapat pemasukan dari adsense, konten placement hingga advertorial.

Jago Bahasa Asing, Manfaarkan Diri Jadi Penerjemah

Jika kamu mengusai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang hingga bahasa lainnya, tak ada salahnya mencoba membuka usaha terjemahan. Tidak perlu khawatir sepi job, karena jasa yang kamu tawarkan tentu akan banyak yang mencar. Setidaknya terjemahan abstrak hingga jurnal dan berkas-berkas kantor pun bisa kamu dapatkan jika memang ahli dalam menterjemahkan baik dari bahasa indonesia ke bahasa asing maupun sebaliknya.

Buka Usaha Dengan Mulai Jadi Dropshipper

Usaha tanpa modal yang sudah banyak dijalankan lainnya adalah usaha dropshipper. Berbeda dengan reseller yang perlu membeli barang lebih dulu lalu menjualnya, jika kamu menjadi dropshipper, hal tersebut tidak perlu kamu lakukan. Kamu bisa menjual barang lebih dulu lalu memesankan barang yang kamu jual pada pembelinya. Selisih harga dari penjual pertama inilah yang menjadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Tentu ada kekurangan dan kelebihan jika menjadi seorang dropshipper yang memulai usahanya tanpa modal, meski demikian yang perlu kamu lakukan adalah mencoba lebih dulu.

Menarawarkan Jasa Admin Sosial Media

Saat ini hampir semua usaha mengandalkan internet untuk mengembangkan bisnis dan menjaring lebih banyak konsumen. Peluang inilah yang bisa kamu ambil dengan menawarkan jasa menjadi admin sosial media terutama bagi bisnis-bisnis yang awalnya offline dan beralih menjadi online. Tidak semua pemiliki bisnis juga mampu mengelola sosial media yang dimiliki. Tanpa perlu banyak biaya, kamu hanya perlu proposal penawaran jasa yang bisa kamu berikan, tentu kamu perlu buat semenarik mungkin. Setelah bisa mendapat klien, modal kreativitas dan kuato internet yang perlu persiapkan. Kira-kira apakah kamu siap memulainya? Tidak perlu menarget tinggi-tinggti lebih dulu, mungkin langkah awal kamu bisa mulai dengan akun bisnis kerabat dan orang-orang terdekat disekitar kamu.

 Dari beberapa pilihan usaha tanpa modal diatas, kamu sendiri tertarik untuk memuai usaha yang mana? Hal yang terpenting mudai dari yang sekiranya kamu mampu dan kamu suka. Meski tanpa modal secara materi, tetapi tetap kamu perlu kemampuan dan pengetahuan untuk memulai usaha-usaha di atas. Jadi mau mulai usaha yang mana?

(Photo by Lonely Planet on Unsplash)