Artikel Detail

Inilah 4 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Iklan Instagram - Luarsekolah.com


by Admin - 14 May 2019

Menjadi sosial media yang paling banyak digunakan menjadikan Instagram sebagai tempat iklan untuk menjual produk maupun jasa. Terlebih, biaya dan hasilnya bisa langsung kamu rasakan langsung. Sama halnya jika beriklan di Facebook, kamu bisa menarget audiens lebih tepat sasaran sesuai dengan keinginanmu.

Namun sebelum memutuskan untuk beriklan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan iklan instagram. Hal ini tentu bisa berguna bagi kamu yang masih baru mengenal iklan Instagram. Apa saja sebenarnya? Berikut pembahasan lebih lanjutnya.

Tidak Perlu Punya Akun Instagram Untuk Beriklan

Hal ini cukup menarik memang, kamu tidak perlu memiliki sebuah akun untuk bisa beriklan di Instagram. Akan tetapi kamu wajib memiliki akun Facebook Page. Dari akun facebook page ini kamu bisa menjalankan iklan baik di Instagram maupun Facebook.

Meski akan kehilangan potensi untuk menambah followers di akun Instagram kamu, selama tujuan beriklan tercapai tentu hal ini tidak masalah. Namun, akan lebih baik memang jika kamu juga sudah memiliki akun Instagram bisnis. Sehingga calon konsumen yang mendapat iklanmu dan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan bisa melihat akunmu dan berbagai produk lain yang ditawarkan lewat konten yang dibagikan.

Pemasangan Iklan Bisa Lewat Aplikasi Instagram atau Lewar Akun Facebook

Jika kamu akan melakukan pemasangan iklan Instagram, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama kamu bisa melakukan pengaturan melalui aplikasi Instagram melalui smartphonemu. Akan tetapi tampilan lebih sederhana dan tidak bisa melakukan pengaturan lebih jauh mengenai audiens, demografi hingga lokasi. Kamu bisa mengaturnya secara manual atau ada opsi otomatis yang diberikan, akan tetapi tidak bisa sedetail jika kamu menggunakan akun facebookmu.

Sedangkan jika kamu menggunakan akun facebookmu untuk memasang iklan instagram, pengaturannya bisa lebih detail mulai dari tujuan iklan, audiens yang dipecah lebih mendetail mulai dari gender, umur, bahasa, lokasi, demografi, hingga pengaturan apakah iklan instagram hanya akan di pasang di instagram sebagai feed, story, atau juga ingin dipasang di berbagai platform Facebook lainnya.

Iklan Bisa Dijalankan Mulai 10.000 Rupiah Perhari

Tidak perlu khawatir jika memiliki biaya terbatas, kamu bisa memasang iklan instagram mulai dari Rp 10.000 saja. Namun, yang perlu menjadi catatan, jika kamu memasang iklan dengan biaya rendah tingkat penyebaran iklan pun akan semakin rendah. Secara sederhananya, jika kamu memasang iklan dengan biaya 10.000 perhari, potensi orang yang melihat iklan mu terbatas. Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, makin banyak juga jumlah orang yang bisa kamu jangakau dengan iklanmu.

Pengaturan Iklan Instagram dan Facebook Sama Saja

Karena Facebook sudah sejak 2012 sudah mengakuisisi Instagram, pengaturan iklan instagram dan facebook sebenarnya sama saja. Jika dilihat, akuisisi Instagram oleh Facebook juga dilakukan agar para pengguna Facebook tidak menginggalkan Facebook begitu saja, maka salah satu langkah yang dibuat adalah dengan mewajibkan setiap pengiklan Instagram maupun Facebook untuk memiliki Facebook Page.

Jika kamu sudah pernah mencoba untuk beriklan di Facebook, di pilihan terakhir biasanya ada opsi untuk menampikan iklan hanya di Instagram atau hanya di Facebook saja. Jika kamu hanya ingin memposting di Instagram maka centang Instagram baik di feed dan story atau salah satunya saja. Selebihnya semua pengaturannya saja saja, hal yang cukup mencolok hanya ukuran gambar saja yang perlu kamu sesuaikan apakah iklan yang kamu jalankan akan di pasang di Instagram atau Facebook, karena bentuk fotonya tentu akan berbeda.

Jadi kapan akan mulai beriklan di Instagram untuk semakin mengembangkan bisnis kamu?

(Photo by freestocks.org on Unsplash)