Artikel Detail

Pendidikan Indonesia Gak Sebaik Finlandia?


by Admin - 15 December 2018

Finlandia sampai saat ini masih menjadi salah satu negara dengan pelayanan dan sistem pendidikan terbaik di dunia (worldtop20.org). Nah begini ternyata penyebabpelayanan dan sistem pendidikan kita lebih buruk dibanding negara Finlandia.

 

1. Tidak Adanya Blue Print Visi Pendidikan Negara (Iman Usman). 

Permasalahan paling mendasar di pendidikan Indonesia adalah blue printvisi pendidikan kita masih carut marut dan tidak disiapkan secara matang, yang mengakibatkan kebijakan pendidikan di Indonesia masih kacau.

 

2. Kualitas dan Kompetensi Guru di Indonesia Masih Buruk (UNESCO). 

Ironisnya data dari UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) tahun 2016, Pendidikan Indonesia menempati peringkat 10 dari 14 negara berkembang. Sedangkan kompetensi Guru Indonesia menempati peringkat 14 dari 14 negara berkembang.

 

3. Pelayanan Pendidikan yang Belum Merata (Dr. Hanief Saha Ghafur).

Menurutnya telah terjadi ketimpangan pelayanan pendidikan di Indonesia, salah satunya dibuktikan dengan tidak meratanya persebaran Guru di Indonesia. Kota-kota besar sangat banyak sekali guru-guru yang menganggur dan jumlahnya sangat besar, namun di daerah-daerah kecil Guru sangat dibutuhkan dan malah kekurangan.

 

4. Teknologi di Bidang Pendidikan (Belva Devara). 

Menurut Belva, peranan teknologi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pelayanan dan sistem pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan menyediakan layanan pendidikan berbasis online, sehingga pendidikan dapat dengan mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun.