Pentingnya Perencanaan Keuangan dan Cara Memakai Topic Cluster sebagai Senjata SEO Paling Ampuh

Oleh : Luarsekolah 105

Photo by Scott Graham on Unsplash

Setiap orang, termasuk pelaku usaha, harus memiliki pengelolaan keuangan secara terencana. Untuk para pebisnis, perencanaan keuangan penting dilakukan agar usaha yang dijalani dapat berjalan baik hingga menghasilkan revenue besar.

Selain itu, setiap pelaku usaha harus mengetahui cara memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu menaikkan peringkat website agar muncul di posisi paling atas pencarian Google.

Dengan pengoptimalan SEO, akan memudahkan orang melakukan pencarian terhadap produk yang dijual hanya dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Untuk itu, Lifepal mengajak 4 peserta berkolaborasi dalam kegiatan webinar bertema “The Importance of Financial Planning for Business Owners and How to Using Topic Clusters for Your Most Powerful SEO Weapon”.

Adapun 4 peserta yang hadir dalam webinar dengan Pemateri SEO Specialist Lifepal.co.id, Tama Andy dan Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP®, terdiri dari IDX Channel, Modal Rakyat, Ayo Bandung, serta Luarsekolah.

Para pembicara memaparkan bagaimana cara pengoptimalan SEO dan memiliki financial planning, agar para pelaku usaha dapat mengetahui seputar mengelola bisnisnya hingga mengoptimalkan SEO.

Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® mengungkapkan pentingnya bagi pelaku usaha memiliki asuransi agar usaha yang dijalani dapat berjalan lancar.

Sebelum mengetahui apa saja alasannya, Akbar mengungkapkan beberapa hal yang tak kalah penting untuk diterapkan dalam ilmu perencanaan keuangan, yaitu:

Perbaiki cash flow
Hal utama yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis adalah memiliki cash flow yang baik. Untuk itu, Anda harus memiliki rekening yang terpisah antara rekening pribadi dan bisnis untuk mempermudah proses pencatatan arus kas bisnis dan keuangan.

Demi menjaga kesehatan keuangan usaha, maka Anda dapat menggaji diri sendiri. Dengan begitu, pengeluaran atas gaji masuk ke bagian beban operasional usaha.

Sedangkan laba bersih yang diperoleh bisa digunakan untuk kebutuhan ekspansi usaha.

Tetapkan pengeluaran bulanan
Hitung dengan seksama atas pengeluaran bulanan Anda, mulai dari kebutuhan yang bersifat wajib, butuh, dan ingin.

Karena siklus bisnis tak bisa diprediksi, akan ada masa di mana pemasukan Anda menjadi lebih kecil dari seperti biasanya. Bahkan, bukan tak mungkin dengan risiko usaha, ada pula masa-masa di mana Anda tidak mendapatkan pemasukan sama sekali.

Karena itu, usahakan agar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan sehari-hari bersifat tetap. Sehingga, Anda bisa menghitung berapa dana darurat dan uang pertanggungan asuransi yang dibutuhkan.

Dana darurat aman
Dana darurat merupakan salah satu pondasi dasar untuk mengukur seberapa sehat keamanan keuangan yang kita miliki.

Begitu pentingnya peran dana darurat, agar kita tidak mudah mengalami kesulitan keuangan, maka harus memastikan dana darurat memadai. Terutama untuk pebisnis, risiko berkurang atau hilangnya penghasilan karena usaha berpotensi terjadi kapan saja.

Untuk itu, bagi Anda pengusaha baru, dapat menyiapkan dana darurat setara 2 tahun pengeluaran.

Dana ini berfungsi sebagai dana untuk memitigasi risiko saat Anda tidak bisa mencetak penghasilan bersih dari usaha yang dijalani.

Mengapa penting memiliki asuransi?
Sebagai bagian dalam perencanaan keuangan, memiliki proteksi, dalam hal ini berupa asuransi kesehatan merupakan langkah paling penting lainnya dalam menjalankan bisnis.

Sebab, tanpa jaminan kesehatan, Anda akan membayar biaya yang sangat mahal untuk setiap pengobatan dan perawatan medis.

Jika Anda sama sekali belum memiliki asuransi dan hanya punya bujet terbatas untuk membayar jaminan kesehatan, dapat membeli asuransi rawat inap terlebih dahulu. Sementara itu, jika harus menjalani rawat jalan, Anda bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan.

Jika Anda adalah pencari nafkah utama, maka wajib melindungi keluarga dengan asuransi jiwa.

Selain mengetahui alasan penting pelaku usaha melakukan perencanaan keuangan, pelaku bisnis juga wajib mengoptimalkan SEO agar usaha yang dijalani dapat berjalan maksimal. Untuk itu, Tama Andy, SEO Specialist Lifepal.co.id memberikan pemaparannya.

Topic Cluster dan Pengaruhnya untuk SEO
Google dan mesin pencari lainnya menginginkan konten yang lebih mendalam dan memenuhi pencarian konten berbasis topik untuk mengedukasi para pembacanya.

Dengan topic cluster, maka dapat membantu Anda membuat konten yang lebih terperinci tentang topik tertentu.

Topic cluster sangat membantu dalam mengatur konten Anda dengan rapi dan Google lebih memilih untuk menjelajahi situs web yang mudah dinavigasi.

Cara Membuat Topic Cluster
Bagaimana cara membuat topic cluster yang membantu mengoptimalkan SEO website Anda?

Pilih Topik Utama
Memilih topik utama atau halaman pilar adalah halaman yang membahas subjek umum, jika berhubungan dengan website bisnis, cobalah untuk tetap berpegang teguh pada niche bisnis sebanyak mungkin.

Halaman pilar ini harus komprehensif dan terperinci, dan kontennya harus panjang . Misalnya, bisa jadi sebuah panduan how-to yang menunjukkan cara melakukan sesuatu atau sebuah panduan utama.

Panduan harus mudah dibaca dan terstruktur dengan baik dengan menggunakan subjudul dan tautan ke berbagai topik dan halaman terkait lainnya.

Cluster Content
Nah, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah membuat cluster content atau artikel pendukung untuk halaman pilar.

Karena merupakan pendukung, artikel tersebut harus selalu terhubung kembali ke halaman pilar Anda dan harus terkait dengan konten halaman pilar Anda.

Artikel ini bisa jadi lebih pendek dan tidak begitu mendalam, tetapi masih perlu disusun dengan baik dan mudah dibaca baik oleh manusia maupun mesin pencarian, dalam hal ini Google.

Optimalkan Kata Kunci Anda
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengoptimalkan kata kunci target Anda.

Setelah membuat cluster topic dan kata kunci target, Anda dapat memperbarui dan mengoptimalkan halaman dan konten di cluster Anda.

Berikan Hyperlink ke Semua Konten Terkait
Sebagai elemen akhir, maka langkah yang penting dilakukan adalah memberikan hyperlink yang menyatukan cluster topic Anda.

Anda hanya perlu menambahkan tautan internal dari setiap kluster konten tunggal ke halaman pilar agar Google tahu bahwa semuanya berkaitan.

Dengan hyperlink dalam sebuah klaster topik, maka dapat menunjukkan kepada mesin pencari bahwa konten yang dibuat saling terhubung dan terkait satu sama lain.

Itulah cara mengatur keuangan terbaik untuk pelaku usaha dan langkah-langkah menjalani topic cluster sebagai usaha mengoptimalisasi SEO untuk membuat website Anda bisa menjadi nomor 1 di mesin pencarian Google. Semoga bermanfaat!

Sumber artikel
Artikel ini ditulis oleh Perencana Keuangan Aulia Akbar, CFP®, AEPP® dan Andy Tama SEO Specialist Lifepal dan Financial Educator sebagai bagian dari kolaborasi dengan Lifepal.co.id.




Artikel Lain :